Apa dan Bagaimana Pengertian Internet

>> Jumat, 21 Januari 2011

     Pernahkan Anda  pergi ke Warnet? Silakan perhatikan apa yang dilakukan orang-orang yang ada di belakang komputer. Mereka dapat  saling tukar informasi dengan teman di tempat yang jauh. Mungkin di sekolahmu juga sudah dipasang jaringan untuk dapat berkomunikasi antar komputer di tempat yang saling terpisah jauh. Coba Anda  kunjungi dan masuk pada sistem komunikasi antar komputer . Komputer yang terpisah jaraknya bahkan yang terpisahkan oleh benua dapat saling berhubungan informasi lewat peralatan atau fasilitas yang tersedia. Mengapa komputer-komputer tersebut dapat berkomunikasi? Tentu Anda  memahami karena komputer-komputer tersebut sesunguhnya saling terkoneksi lewat sebuah jaringan bahkan bersifat global atau mendunia. 

1. Internet  dan Pemanfataannya:

Isi internet  dapat Anda  ibaratkan dengan sebuah kapling tanah. Apabila  Anda  memiliki sebuah kapling tanah yang masih kosong, Anda  dapat  memberdayakannya untuk apa saja, misalnya untuk membangun rumah, toko, kantor pemerintah, swalayan dan sebagainya. Dapat juga dibuat perkebunan, sawah, peternakan, lapangan sepakbola, dan sebagainya. Internet  juga demikian, semua orang tanpa terkecuali dapat  memiliki "kapling tanah" di internet , yang disebut dengan website (Situs Web ). Situs web  ini tersimpan dalam memori komputer yang kapasitasnya sangat besar, dan apabila Anda  memiliki situs web, berarti Anda  punya kapling di internet .Berbagai macam hal biasanya dilakukan orang saat internet adalah:
1. Memperoleh informasi
2. Berkirim Surat
3. Ngobrol atau Chatting
4. Melakukan Transaksi Perdagangan 
5. Berdiskusi
Dan masih banyak lagi yang bisa lakukan,sesuai dengan kebutuhan kita   

2. Berbagai Aplikasi dari Internet  

Aplikasi Internet  yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi infomasi. Aplikasi-aplikasi internet  ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang akademis, militer, medis, media massa, dan berbagai sektor industri lainnya. Dari sekian banyak aplikasi internet  yang ada, yang banyak dikenal dan digunakan antara lain: Word Wide Web  (www), Electronik mail, Mailing List (milis), Newsgroup, Internet  Relay Chat  (IRC), File Transfer Protocol (ftp), Telnet, Gopher, dan Ping. Fungsi masing-masing aplikasi tersebut adalah sebagai berikut.
1. Word Wide Web  ( WWW )
2. Electronic Mail (E-mail)
3. Malling List
4. Internet Relay Chat (IRC)
5. File Transfer Protocol (FTP)
Dan masih banyak lagi.......

3. Penggunaan Internet
            Kemampuan dan keandalan internet  memberikan banyak kemudahan bagi berbagai aspek kehidupan. Internet  dapat menjadi sumber informasi dan sarana komunikasi yang murah dan cepat. Selain itu, internet  juga mempunyai jarigan yang sangat luas yang dapat menjangkau seluruh dunia. Hal ini membuat internet  banyak dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Saat ini ada banyak kegiatan kehidupan sehari-hari yang terkait dengan internet. Contoh pemanfaatan internet yang baik adalah:

1. Belajar Jarak Jauh
2. Internet  Banking 
3. E-Commerce 
4. Berhubungan Dengan Orang Yang Berada di Jauh
5. Memperoleh Informasi 
6.Game Online
Dan masih banyak lagi.
Rangkuman


Internet   ialah sebuah jaringan  komputer dunia yang disambungkan dengan jaringan  yang lebih kecil dan bergerak lebih perlahan. Ia mempunyai amat banyak informasi  untuk dicapai oleh siapa saja, dan menyediakan penghantaran informasi ke seluruh dunia. Pada saat ini, internet   boleh disambung melalui pelbagai cara menggunakan layanan komersil atau penyedia layanan internet (Internet Service Provider-ISP) yang semakin bertambah   jumlahnya.  Internet   tidak lagi terbatas pada beberapa kalangan, siapa saja  yang ada koneksi komputer boleh menggunakan internet. Internet   akan terus berkembang dan berevolusi, teknologi yang baru akan terus muncul dan menyebabkan sebagian teknologi yang telah ada menjadi usang. Pertumbuhan internet   yang pesat telah mewujudkan cara baru untuk berkomunikasi.
Pertumbuhan internet   sebagai akibat dari perkembangan browser, dan web  grafis yang demikian  relevan. Komponen web  grafis telah menciptakan media baru bagi banyak perusahaan untuk mengiklankan produk mereka dan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Surat elektronik, atau e-mail merupakan satu lagi  fasilitas penting yang dapat digunakan. Oleh karena sifat internet   yang sentiasa berkembang, pengalaman pengguna internet   akan berkembang pula setiap kali mengakses web. Internet   bagaikan sebuah kota elektronik yang sangat besar. Di dalam internet setiap penduduk memiliki alamat (Internet address) yang dapat untuk berkirim surat dan atau bertukar informasi. Apabila  Anda  ingin mengelilingi kota elektronik tersebut, maka komputer adalah kendaraannya. Keterhubungan jalannya bertumpu di atas media telekomunikasi. Pengangkutan akan lambat apabila menggunakan kabel telepon, dan dapat menggunakan leased line (jalur sewaan) atau ISDN. Inilah yang disebut sebagai global village atau ”perkampungan  sejagat”.



 






 


0 komentar:

Posting Komentar

Coba Widget

Coba Widget

Blogger Template by ardi33.
Art Maker 1 Edited by ardi33's Template